Rabu, 10 Oktober 2012

Bahasa Indonesia

Bagaimana sikap generasi muda saat ini dalam melestarikan bahasa Indonesia?

Bahasa Indonesia adalah varian bahasa Melayu, sebuah bahasa Austronesia yang digunakan sebagai lingua franca di Nusantara kemungkinan sejak abad-abad awal penanggalan modern. Bahasa Indonesia berperan penting bagi bangsa Indonesia dari semua budaya, daerah, dan suku bangsa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Meskipun setiap daerah memiliki bahasa ciri khas tertentu tetapi tidak meninggalkan bahasa utamanya yaitu bahasa Indonesia. Makanya sampai saat ini bahasa Indonesia dianggap maju dan merdeka karena memiliki kebudayaan yang beranekaragam.

Tetapi di zaman yang modern seperti ini, generasi anak muda sekarang ini lebih cenderung tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Bisa kita ambil contohnya di sinteron maupun acara music di televisi, mereka lebih memakai bahasa lo, gue yang sekarang ini disebut bahasa gaul. Di lingkungan masyarakat juga sering kita mendengar anak muda zaman sekarang tidak menggunakan bahasa Indonesia yang benar, seakan-akan mereka mengabaikan dengan bahasa negaranya sendiri. 

Oleh karena itu semenjak pendidikan dasar harus diajarkan bahasa Indonesia yang benar. Agar bangsa Indonesia bisa bersaing dengan negara yang lebih maju. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dengan bahasa Indonesia. Jangan hanya mementingkan dan menggunakan bahasa Indonesia dan gaul saja. Kita sebagai generasi muda harus bisa menempatkan bahasa Indonesia yang benar dilingkungan rumah atau masyarakat, lingkungan sekolah, maupun di tempat umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar